BeritaKeuangan

Workshop Keuangan dan Aplikasi Laporan Keuangan Organisasi

Bandung, 18 - 19 Oktober 2018

Aspek keuangan merupakan bagian penting dalam suatu unit kerja atau organisasi. Tertib pengelolaan keuangan akan berdampak positif terhadap sistem pengelolaan organisasi secara keseluruhan dalam proses pengambilan keputusan. Pengelolaan keuangan dalam suatu organisasi merupakan aspek penting untuk membangun tata kelola organisasi yang sehat dan kredibel. Organisasi nirlaba seperti rumah sakit, LSM, Unit PKBL dan juga termasuk serikat pekerja telah berkembang cukup pesat baik jumlah maupun nilai asetnya sehingga membutuhkan pengelolaan yang baik agar dapat terwujud organisasi yang baik dan bermartabat.

Laporan keuangan diperlukan organisasi nirlaba untuk memastikan keberlanjutan program di masa mendatang dan melihat kinerja pengelola dalam mengelola aset yang ada.Pengurus Organisasi sebagai penerim atanggung jawab pengeloalan keuangan tekadang belum memiliki kompetensi dasar dalam pengelolaan keuangan.

LASKAR PLN sebagai organisasi serikat dengan anggota tersebar di seluruh indonesia mempunyai visi dan misi untuk menjadi role model organisasi dengan pengelolaan keuangan yang transparan dan bertanggung jawab. Bertempat di hotel Ibis bandung di tanggal 18 dan 19 Oktober 2018 terselenggara Workshop Keuangan dengan menghadirkan Narasumber dari Universitas Udayana Bali, Bapak Ketut Jati.

Acara dibuka oleh Sekretaris Jenderal DPP LASKAR PLN, Arwan Sanni, beliau menyampaikan bahwa pengelolaan keuangan merupakan dasar fundamental dalam berorganisasi, jika keuangan kita tidak transparan dan hanya sebagian pengurus saja mengetahui maka hal tersebut dapa menyebabkan penyelewengan dana-dana keuangan organisasi.

Melihat dari pengalaman masa lalu dan sekarang banyak organisasi dengan pengelolaan keuangan tidak bertanggung jawab dan transaparan dapat menyebabkan penyalahgunaan wewenang. Dengan Laporan Online Keuangan semua aktivitas keuangan DPP LASKAR PLN dapat terpantau secara jelas dan dapat dipertanggung jawabkan karena semua anggota dapat melihat melali web atau aplikasi android, tidak mengecilkan organisasi sejenis di perusahaan kita tetapi hanya LASKAR PLN yang baru melakukan langkah-langkah ini. Semoga ke depan dapat dipertahankan dan ditingkatkan.

Dengan materi – materi yang telah dipersiapkan narasumber menyampaikan bahwa laporan keuangan adalah kebalikan dari perlaku amal baik, jika amal baik hanya ALLAH SWT dan kita saja yang tahu tetapi jika laporan keuangan harus semua pihak mengetahui karena transaparansi adalah hal yang penting dalam aspek pengawasan keuangan.

Workshop diisi juga oleh bendahara umum DPP LASKAR PLN, Bapak Iyan Suryana, bleiau menyampaikan bahwa laporan keuangan harus dikerjakan tepat waktu karena jika tidak dikirmkan sesuai aturan organisasi maka iuran tidak akan dikirimkan ke masing-masing DPD dan DPC.

Kadept dan Pengurus TIK, Bapak Puji Setiawan dan Rizki Agung, Beliau menyampaikan materi laporan keuangan secara online, diharapkan dengan menggunakan media online maka transparansi dapat terus dijaga dan kepercayaan anggota terhadap pengelolaan keuangan LASKAR PLNsemakin meningkat.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close