Berita

Tasyakuran Milad LASKAR PLN ke-3 Sukses, Ini Kabar Gembira untuk Anggota

Bertempat di salah satu tempat makan di daerah Senayan Jakarta pada Selasa malam (23/01/2019), acara tasyakuran Hari Ulang Tahun LASKAR PLN ke-3 berlangsung sukses dan penuh kejutan.
Pasalnya, dari undangan resmi yang disampaikan kepada Direktur Utama dan Direktur HCM, di luar dugaan malam itu turut serta hadir 2 (dua) BOD lain yakni Direktur Regional Jawa Bagian Tengah Bpk. Amir Rosidin, Direktur Keuangan Bpk. Sarwono Sudarto beserta Senior Vice President Hukum Korporat Bpk. Dedeng Hidayat.

Sebuah kehormatan sekaligus kebanggaan, Direktur Utama dan 3 (tiga) BOD (Board of Director) sekaligus beserta SVP (Senior Vice President) dapat hadir di tengah-tengah kami untuk turut serta memeriahkan acara tasyakuran dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun LASKAR PLN yang ke-3 tersebut.

Selain Ketua Umum, Sekretaris Jenderal dan jajaran pengurus DPP, acara tasyakuran ini juga dihadiri oleh sejumlah perwakilan DPD dan DPC dari beberapa wilayah dari sejumlah daerah di seluruh Indonesia yang mewakili berbagai proses bisnis mulai dari unit induk pembangunan, pembangkitan, transmisi hingga distribusi.

 

Acara dibuka dengan sambutan dari Ketua Umum LASKAR PLN Tonny Ferdinanto yang menyampaikan maksud dan tujuan dari acara di malam itu.
Disampaikan, bahwa selama kurun waktu 3 tahun berdiri ini badai terpaan ujian berat datang silih berganti, baik yang datang dari internal maupun eksternal organisasi.

Beliau juga menambahkan di usia yang ke-3 ini, LASKAR PLN juga telah berhasil memenuhi persyaratan sesuai yang diatur dalam undang-undang untuk melakukan perundingan PKB, yakni mempunyai legal standing organisasi yang sah secara hukum dan memiliki anggota lebih dari 10% dari jumlah total pegawai.

Beliau mengatakan, LASKAR PLN saat ini telah memiliki anggota di seluruh wilayah Indonesia yang tersebar dari UIW Aceh hingga UIW P2B (Papua dan Papua Barat). Selain itu, LASKAR PLN juga telah memiliki perwakilan anggota dari seluruh proses bisnis perusahaan mulai dari unit pembangunan (proyek), pusat-pusat pendidikan dan pelatihan, fungsi pembangkitan, transmisi (penyaluran) hingga distribusi.

Statemen Ketua Umum ini disambut baik oleh Direktur Utama Bpk. Sofyan Basyir yang menyampaikan bahwa terus pertahankan hal-hal positif yang sudah dijalankan selama ini, terus lakukan yang terbaik untuk perusahaan karena PLN sangat membutuhkan orang-orang terpilih yang berfikiran positif, terlebih PLN adalah perusahaan yang dibutuhkan oleh seluruh rakyat Indonesia.

Banyak hal lain yang disampaikan oleh beliau, yang berpesan kepada kita semua para pegawai untuk bersama-sama membesarkan dan menjaga perusahaan ini agar senantiasa dapat terus eksis, mampu menjalankan tugas yang dibebankan oleh pemerintah, dan memberikan kesejahteraan kepada pegawai dan keluarganya.

Suasana hangat dan mencair kian terasa di antara kami, dan akhirnya kami pun tiba di acara inti.
Mengawali sesi ini, seluruh tamu undangan memanjatkan doa bersama dengan penuh khidmat yang dipimpin oleh Ketua Departemen Hubungan Antar Lembaga Ade Sutisna.
Dilanjutkan, secara simbolis Ketua Umum menyerahkan irisan kue yang telah dipotong kepada Direktur Utama dan berkesempatan dicicipi langsung oleh beliau.

Setelah melewati acara inti, tiba saatnya untuk melakukan sesi tanya jawab.
Diwakili oleh Ketua Departemen Kesejahteraan DPP LASKAR PLN Bimbi Islakhudin, beliau mengajukan 2 (dua) buah pertanyaan yang langsung ditanggapi oleh Direktur Utama.

Pertanyaan pertama, disampaikan kepada Direktur Utama bahwa LASKAR PLN saat ini telah memenuhi persyaratan secara undang-undang untuk dapat berunding PKB dengan manajemen PLN.
Surat pengajuan permintaan perundingan sudah diajukan dari bulan November namun hingga saat ini belum ada balasan dari manajemen PLN. Banyak pertanyaan dari anggota yang meminta kejelasan kapan akan bisa dimulai perundingan PKB. Sehingga kami pun menyuarakan hal ini kepada Direktur Utama pada kesempatan pertama.

Menanggapi hal ini Direktur Utama menyampaikan, _”sebetulnya di sisi kami tidak ada masalah”_. Beliau juga menyampaikan, jika sudah sesuai dengan undang-undang maka segera kita jalankan. Dalam kesempatannya beliau menyampaikannya dengan istilah _“oke, let’s do it”, jika sudah terpenuhi, segera kita proses, makin cepat makin baik._

Beliau berjanji segera memerintahkan jajarannya di Direktorat HCM untuk menindaklanjuti hal ini.
Nampak dari ekspresi wajah beliau, rasa antusias dan welcome terpancar menyambut berita baik ini.

Merupakan sebuah lampu hijau sekaligus sinyal positif bagi kita semua bahwa tak lama lagi harapan akan perundingan PKB baru yang telah lama ditunggu bisa segera diwujudkan.

Pertanyaan kedua, seputar kondisi keuangan PLN. Disampaikan oleh Ketua Departemen Kesejahteraan DPP LASKAR PLN Bimbi Islakhudin bahwa kondisi surplus keuangan perusahaan sudah banyak di rilis di berbagai media, laba operasi yang dibukukan bahkan lebih tinggi dibanding di periode yang sama di tahun sebelumnya.

Dalam kesempatan ini LASKAR PLN meminta kejelasan kepada Direktur Utama bahwa sepatutnya ada insentif yang dapat dibagikan kepada pegawai di tahun ini sebagai bentuk apresiasi dari keberhasilan peningkatan penjualan yang telah diupayakan oleh pegawai dalam kurun waktu selama tahun 2018.

Menanggapi hal ini, Direktur Utama mengiyakan bahwa secara operasional, perusahaan memang benar telah berhasil membukukan laba. Hal ini tak lepas dari peran serta dan juga kerjasama seluruh insan yang terlibat dalam proses produksi perusahaan selama kurun waktu tahun 2018.

Beliau juga mengingatkan bahwa ada sebagian hak dari yang diterima tersebut yang merupakan hak dari orang-orang yang lebih membutuhkan. Beliau berpesan, jangan pernah lupakan untuk bersedekah, berinfaq dan berzakat sesuai yang diatur dalam keyakinan masing-masing agama.
Di akhir pembicaraan mengenai hal ini, beliau menutup dengan kalimat _“Insya Allah, masih ada yang bisa dibagikan untuk pegawai dan keluarganya di tahun ini”._

Sontak, statemen Direktur Utama tersebut disambut dengan tepuk tangan meriah dari seluruh tamu undangan yang hadir di malam itu.

Tentu saja merupakan kabar yang sangat menggembirakan dan dinanti-nantikan oleh anggota, terlebih untuk seluruh pegawai. Bahwa perusahaan tetap berusaha untuk menjamin kesejahteraan untuk pegawai dan keluarganya.

Kalimat penutup dari Direktur Utama tersebut menutup sesi diskusi kami di malam itu, untuk menginjak ke sesi sesi foto bersama sebelum meninggalkan lokasi.

Acara pun ditutup dengan sesi bersalaman dengan raut penuh senyuman dari para BOD dan seluruh pengurus yang hadir.

LASKAR PLN sebagai serikat pekerja yang up to date dan kekinian dengan perkembangan perseroan, senantiasa hadir untuk dapat menyalurkan aspirasi dari setiap anggota, dan berusaha untuk tetap selalu “on the track” menjalankan visi misi organisasi yakni mengedepankan keseimbangan peningkatan kinerja perusahaan dan kesejahteraan anggotanya.

Dirilis oleh,
Sekretaris Dewan Pimpinan Pusat
LASKAR PLN

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Solve : *
9 + 4 =


Back to top button
Close
Close