Tanamkan Nilai-Nilai Integritas dalam Berorganisasi, LASKAR PLN Adakan “Pesantren Kilat” di Bulan Ramadhan Kali Ini

Posted on

Yogyakarta, 12 Juni 2017

Bagi sebagian kaum muslim terutama yang sudah mempunyai profesi, ibadah puasa Ramadhan identik dengan pengurangan aktivitas baik di dalam maupun di luar ruangan jika dibandingkan dengan hari-hari biasa, namun hal tersebut nampaknya tidak berlaku bagi jajaran pengurus LASKAR PLN.

Sesuai tagline LASKAR PLN pada Ramadhan tahun ini yakni Perbaiki iman dan taqwa di bulan yang suci, dengan tingkatkan integritas tuk terangi negeri, hanya dengan mengharap ridha Ilahi, para pengurus LASKAR PLN yang terlibat dalam agenda Diklat Dasar Organisasi kali ini nampak antusias dan tak menyia-nyiakan kesempatan langka ini, tak lain adalah guna meningkatkan wawasan dan pengetahuannya di bidang pengelolaan organisasi serikat pekerja serta diharapkan mampu menimbulkan keinginan untuk terlibat dan berperan aktif dalam membangun dan membesarkan sebuah organisasi serikat pekerja dengan anggota yang mempunyai kapabilitas wawasan berorganisasi yang kuat sebagai pondasi utama di dalamnya.
Dalam misinya membesarkan organisasi serikat pekerja masa depan yang beranggotakan para insan PLN yang paham dan peduli tentang bagaimana seharusnya dengan nasib organisasi serikat pekerjanya, goal dari Diklat Dasar Organisasi ini sebenarnya lebih kepada memberikan wawasan pada para peserta untuk melakukan brainstorming terhadap bagaimana organisasi serikat pekerja itu dikelola serta seperti apakah seharusnya aktivitas dan bentuk perjuangan serikat pekerja di era saat ini dan dalam langkahnya menatap masa depan yang cerah di era yang akan datang.

Sebagai pelaksanaan program kerja yang sudah disusun dalam Roadmap Organisasi LASKAR PLN yang selaras dengan Rencana Kerja Anggaran Organisasi (RKAO) LASKAR PLN Tahun 2017 (bagi yang sudah pernah mengikuti Sosialisasi Organisasi LASKAR PLN pasti sudah mendapatkan sekilas materi ini), kali ini LASKAR PLN berkesempatan untuk melaksanakan agenda Diklat Dasar Organisasi di wilayah Regional Bisnis Jawa Bagian Tengah.

Bertempat di PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Tengah & DIY Area Yogyakarta, serangkaian kegiatan yang dilakukan di dalam kelas (In House Training) dalam rangka Diklat Dasar Organisasi ini dihadiri oleh narasumber sekaligus sebagai instruktur dari jajaran pengurus DPP LASKAR PLN ini diikuti oleh sekitar 30 pengurus lebih yang tersebar dari DPC-DPC di wilayah Regional Jawa Bagian Tengah.

Jajaran pengurus DPP LASKAR PLN yang berkesempatan memberikan materi dan wawasan berorganisasi kepada para peserta tersebut diantaranya adalah Ketua Umum Sdr. Tonny Ferdinanto, Sekretaris Jenderal Sdr. Arwan Sanni, Ketua Departemen Pengembangan Organisasi Sdr. Adi Gunawan, Ketua Departemen Hukum Sdr. Widyatno beserta para anggota, Ketua Departemen Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Sdr. Puji Setiawan dan juga beberapa pengurus dari Departemen Perencanaan yang secara tersirat mengungkapkan rasa bangganya “dapat membagi wawasannya kepada para penerus generasi masa depan PLN” ketika kami temui di sela-sela kegiatan pemberian materi kepada para peserta Diklat.

Diklat Dasar Organisasi ini dibuka langsung oleh Ketua Umum LASKAR PLN Sdr. Tonny Ferdinanto, dan didampingi Manajer PT PLN (Persero) DJTY Area Yogyakarta Bpk Eric. R sekaligus secara resmi membuka acara dalam agenda Diklat kali ini.

Diklat Dasar Organisasi ini berlangsung selama 2 hari, dengan beberapa meteri penting yang wajib diberikan di dalam peningkatan kemampuan dan wawasan berorganisasi bagi para front layer, di antaranya mengenai Organsiasi Serikat Pekerja dan Agent Of Change, Hubungan Industrial, Advokasi Dasar, Penjelasan AD/ART, PO, Adminstrasi surat-menyurat, Mekanisme Persidangan, Pelaporan Keuangan LASKAR PLN & Produk aplikasi LASKAR PLN yang berbasis website dan android yang merupakan cara Tata Kelola Organisasi Masa Depan, Penyampaian Roadmap dan Program Kerja, serta Bagaimana Membangun Teknik Komunikasi yang Efektif.
Mengutamakan aspirasi dengan sistem_from bottom to up, LASKAR PLN hadir dengan cita-cita untuk menjadi role model sebuah organisasi serikat pekerja yang dapat menjadi barometer bagi serikat pekerja lain lingkungan PT PLN (Persero) agar tercipta organisasi serikat pekerja yang mampu menjalankan dan mengelola organisasi dengan baik.

Dengan mengedepankan komunikasi asertif melalui negosiasi dan diplomasi tanpa harus menggunakan syaraf, urat dan otot dalam menyampaikan aspirasinya, diharapkan ciri dan karakter yang dibawanya ini mampu memberikan sebuah warna baru dan dapat membawa perubahan bagi perusahaan penyedia listrik di seluruh pelosok Nusantara ini.
Layaknya bangunan pencakar langit yang mampu berdiri dengan kokoh, maka dengan insan yang berwawasan luas di dalamnya yang merupakan komposisi fundamental dari sebuah serikat pekerja.
Oleh karena itu, melalui momen diklat dasar organisasi dan penambahan wawasan baru ini marilah senantiasa kita rapatkan barisan, tingkatkan aktivitas organisasi di level terbawah, agar LASKAR PLN semakin kuat yang senantiasa membawa perubahan yang lebih baik lagi bagi kinerja perseroan dan tentu saja bagi kesejahteraan anggotanya.

Dirilis oleh,
Dewan Pimpinan Pusat
LASKAR PLN

Serikat Pekerja Laskar PLN (Lembaga ASpirasi KARyawan PLN) adalah DNA baru Serikat Pekrja PLN yang modern, mandiri, dan berintegritas dengan motto Semangat Baru Tingkatkan Kesejahteraan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Solve : *
11 + 29 =