BeritaOrganisasi & Kaderisasi

Silaturahmi Bersama VP Bagian Pengembangan Talenta Area 6, Kolaborasi Manajemen dan Serikat untuk Kesejahteraan Pegawai

Press Release No. 001.LASKAR/JATENG.00.01/I/2022

Semarang, 6 Januari 2022 – LASKAR PLN DPD Jawa Tengah terus merapatkan barisan dan meningkatkan komunikasi organisasi dengan melaksanakan rapat koordinasi bersama seluruh KDPC Jawa Tengah.

Turut hadir juga pada kesempatan tersebut, Sekjen dan Wasekjen 1 dan 2 sebagai perwakilan dari DPP. Pertemuan berlangsung hangat dan menghasilkan beberapa kesepakatan strategis.

Ibu Rachmawati selaku Sekjen LASKAR PLN menyampaikan, saat ini PKB menjadi prioritas utama. Hasil pertemuan dengan Dir MSDM pada tanggal 24 Desember 2021, “Tidak akan dilakukan verifikasi ulang PKB, alasannya, verifikasi untuk menentukan serikat yang maju dalam perundingan PKB sudah dilaksanakan pada tanggal 26 September 2019.

Verifikasi tersebut telah ditandatangani oleh semua serikat pekerja yang ada di lingkungan PLN, Kementerian Tenaga Kerja RI, dan Manajemen PLN. Hasil verifikasi tersebut bersifat mufakat dan mengikat untuk semua pihak.” Tutur Bu Rachma.

Silaturahmi Bersama VP Bagian Pengembangan Talenta Area 6
Silaturahmi Bersama VP Bagian Pengembangan Talenta Area 6

Menanggapi isu-isu yang berkembang mengenai kekhawatiran PKB yang akan mengacu pada UU Omnibus Law, Sekjen LASKAR PLN menjelaskan, dengan adanya PKB baru justru kita akan terlindungi karena adanya kesepakatan antara pekerja dan manajemen terkait kesejahteraan.

Jika tidak ada PKB, maka aturan minimum yang ada di UU Omnibus Law akan dijadikan acuan oleh manajemen dalam Peraturan Direksi. Kesimpulannya PKB adalah Penting dan Genting bagi seluruh pegawai PLN, dan semua lini harus bergerak mempercepat terlahirnya PKB baru di triwulan I tahun ini.

Senada dengan hal tersebut, Pak Anto selaku KDPD LASKAR Jawa Tengah juga menyampaikan pentingnya masing-masing KDPC untuk memastikan anggotanya tetap konsisten dalam organisasi. “Laporkan segala bentuk intimidasi, ancaman, dan pemaksaan, jika terbukti akan kami laporkan sebagai bentuk pelanggaran Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2000 mengenai Union Busting.

Setiap individu memiliki hak untuk berserikat sesuai pilihannya masing-masing, tidak boleh ada pemaksaan apapun. Tetap jaga kondusivitas dalam bekerja dan jangan mudah terprovokasi oleh hoaks dan ujaran kebencian yang sedang berkembang.” Ujarnya.

Siang hari setelah rapat koordinasi beralngsung, perwakilan LASKAR PLN bersilaturahmi dengan VP Bagian Pengembangan Talenta Area 6, Bapak Ali Faizin di Lantai 7 Gedung UID Jateng dan DIY.

Dalam kesempatan tersebut, Pak Ali Faizin menyambut dengan sangat baik rombongan LASKAR PLN dan berdiskusi cukup panjang mengenai isu-isu terkini yang sedang berkembang.

Beberapa hal yang disampaikan adalah isu mengenai rekrutmen professional yang mengisi posisi setingkat GM, isu pembentukan Holding-Subholding, komitmen untuk memperjuangkan teman-teman HCMS 46, sampai informasi terkini berkenaan dengan pembuatan PKB Baru.

LASKAR PLN berharap manajemen memberikan ruang bagi serikat untuk dapat mengenalkan serikat secara lebih luas kepada pegawai PLN, karena salah satu fungsi serta peran manajemen dalam Hubungan Industrial adalah untuk memberikan edukasi dan penjelasan mengenai peran penting serikat dalam perusahaan.

Bapak Ali Faizin memberikan jawabannya terkait peran Serikat dalam Perusahaan, “Saya sangat welcome dengan serikat. Jika saya ke unit-unit, saya sering mengajak para KDPC untuk sama-sama me-review permasalahan kepegawaian.

Semangat kolaborasi manajemen dan serikat untuk kesejahteraan pegawai adalah suatu keniscayaan. Manajemen memiliki kewajiban untuk memberikan ruang berserikat, usulan dan masukan dari teman-teman bisa diberikan melalui LKS Bipartit. Insya Alloh kita siap bersinergi, jika ada masukan kami siap menerima.”

Disinggung terkait PKB Baru, beliau juga berharap PKB segera diperbaharui karena banyak hal yang sudah seharusnya dilakukan penyesuaian dengan kondisi saat ini, PKB Baru diharapkan dapat mengutamakan Sustainability Perusahaan dan Kesejahteraan Pegawai.

Sekilas Tentang LASKAR PLN

Laskar PLN (Lembaga ASpirasi KARyawan PLN) adalah DNA baru Serikat Pekrja PLN yang modern, mandiri, dan berintegritas dengan motto Semangat Baru Tingkatkan Kesejahteraan.

 

Ayo bergabung bersama kami: https://laskarpln.org/join-us/

Follow us:
Instagram: laskar.pln, https://www.instagram.com/laskar.pln/
Youtube: Laskar PLN, https://www.youtube.com/channel/UCST9E3XXgN7ZMXqVT22Ignw/videos

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Solve : *
17 + 30 =


Back to top button