Rapat Koordinasi Keuangan dan Sosialisasi Travelaskar

Posted on

Surabaya, 9 – 10 November 2017 bertempat di Ruang Semeru Kantor Induk Transmisi Jawa Bagian Timur dan Bali (TJBTB) diselenggarakan Rapat Koordinasi Keuangan dan Evaluasi Bendahara dan Dept. TIK. Acara ini dibuka dengan sambutan dari Ketua Umum Laskar PLN, Tonny Ferdinanto tentang evaluasi kuangan Bendahara DPP, DPD, DPC dan pengantar sosialisasi fasilitas organisasi Travelaskar.

Lebih lanjut tentang Travelaskar, Sekjend LASKAR PLN Arwan Sanni memaparkan presentasi tentang Travelaskar yang merupakan sebuah terobosan dan inovasi fasilitas organisasi dari LASKAR PLN terkait perjalanan dinas pegawai. Issue yang berkembang belakangan ini terkait perjalanan dinas pegawai adalah diberlakukannya PERDIR terkait SPPD yang menyebabkan ada sebagian pegawai yang keberatan jika harus menggunakan kartu kredit korporat. Selain itu dalam pelaksanaan perjalanan dinas, pegawai kerap menggunakan dana dari kantong pribadi untuk menalangi biaya perjalanan dinas, dan belum tentu dana tersebut dapat dengan cepat diganti karena ada proses reimburs yang durasi nya bervariasi.

Berbagai upaya telah LASKAR PLN lakukan untuk mengurangi permasalahan yang ada tersebut tetapi semuanya terkendala oleh adanya POLICY. Namun hal ini tidak menjadikan LASKAR PLN berdiam sampai disini saja, dan organisasi kami terus berupaya untuk mengutamakan kesejahteraan anggota. Hingga muncul lah terobosan dan inovasi untuk mengatasi permasalah tersebut, yakni TRAVELASKAR yang merupakan media untuk memudahkan Pegawai PLN terutama anggota LASKAR PLN dalam memesan tiket kereta/pesawat maupun hotel dengan tidak menggunakan dana pribadi.

Fungsinya hampir mirip seperti aplikasi pemesanan tiket Traveloka, dengan alur sebagai berikut :

Surat undangan/pekerjaan — > proses pengajuan tiket dan hotel — > proses admin — > E-voucher dikirim ke email — > laporan perjalanan dan form restitusi akan dikirim email.

Berikut ini adalah video tentang penjelasan Travelaskar :

Pembelian tiket akan dilakukan (ditalangi) oleh Travelaskar, sedangkan untuk uang pembelian tiket/hotel akan dibebankan ke pegawai setelah 2 bulan (2x gaji) (uang SPPD sudah keluar) dan akan dilakukan autodebit/payroll melalui kerjasama dengan Bank tanpa bunga dan RIBA’. Contoh pengajuan tiket tanggal 20 November, maka uang tiket akan di autodebit di rekening pegawai 25 Desember (2x gaji tanggal 25 November dan 25 Desember). TRAVELASKAR ini bekerjasama dengan pihak ketiga(travel agent) dan tidak melibatkan keuangan LASKAR PLN. Dengan media TRAVELASKAR ini harapannya untuk meringankan beban pegawai ketika akan melakukan perjalanan dinas, dan kedepannya akan dibuat aplikasi Android untuk pemesanan tiket/hotel seperti Traveloka.

Selanjutnya Ketua Departemen Kewirausahaan, Udeng Sudirman memberikan pemaparan tentang Departemen Kewirausahaan (KWU) yang merupakan Departemen yang baru di bentuk di LASKAR PLN, dan pembentukan Koperasi Karya Wira Usaha (KWU) serta Perseroan Terbatas (PT) Karya Wira Utama (KWU) dimana Travelaskar merupakan platform yang dibentuk dibawah payung Koperasi KWU. Dengan dibentuknya Departemen, Koperasi, dan PT baru ini diharapkan dapat memberikan kemandirian dalam hal keuangan organisasi yang nantinya berdampak juga pada peningkatan kesejahteraan anggota.

Bendahara Umum, Iyan Suryana memberikan pemaparan terkait kondisi keuangan DPP LASKAR PLN dan juga tentang Peraturan Organisasi (PO) yang mengatur kegiatan bendahara dan teknis pelaporan yang ada terhadap bendahara yang DPD dan DPC yang baru, dimana pelaporan keuangan di LASKAR PLN sudah lebih maju dengan penggunaan Aplikasi LASKAR OnFire (Online Finance Report).

Lebih lanjut tentang Laskar OnFire ini dijelaskan oleh Kepala Departemen TIK, Puji Setiawan yang memberikan penjelasan tentang penggunaan aplikasi OnFire ini kepada bendahara DPC dan DPD yang hadir. Selain itu aplikasi lain seperti Laskar Mobile juga turut diperkenalkan. Dan kedepannya Departemen TIK akan mengembangkan aplikasi Travelaskar yang rencananya menggunakan platform Android.

Rapat dilanjutkan dengan presentasi dari masing-masing bendahara DPC dan DPD tentang penggunaan dana organisasi yang mereka keluarkan selama ini. Data keuangan masing-masing DPC dan DPD harus sesuai dengan rekap yang ada di aplikasi keuangan OnFire. Acara ditutup dengan berfoto bersama.

 

Serikat Pekerja Laskar PLN (Lembaga ASpirasi KARyawan PLN) adalah DNA baru Serikat Pekrja PLN yang modern, mandiri, dan berintegritas dengan motto Semangat Baru Tingkatkan Kesejahteraan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Solve : *
4 × 19 =