LOADING

Type to search

Berita Organisasi & Kaderisasi

Rapat Kerja Nasional (RAKERNAS) LASKAR PLN Tahun 2018

LASKAR PLN January 22, 2018
Share

Dalam rangka mengevaluasi dan meningkatan kinerja organisasi, LASKAR PLN melaksanakan Rapat Kerja Nasional (RAKERNAS) yang diselenggarakan di PLN Area Yogyakarta pada 22 Januari 2018. RAKERNAS LASKAR PLN yang bertajuk Menuju Kemandirian Organisasi untuk PLN dan Kesejahteraan Anggota ini merupakan salah satu dari rangkaian Acara HUT LASKAR PLN ke-2 yang akan dilaksanakan pada 23 Januari 2018. RAKERNAS LASKAR PLN Tahun 2018 dihadiri seluruh perwakilan DPC, DPD, dan DPP LASKAR PLN dari seluruh Indonesia, dan juga jajaran manajemen yaitu Manajer Area Yogyakarta, Eric Rossi Priyo Nugroho, KADIV HCMS Bagus Setyawan, dan GM Puslitbang E. Hariyadi.

Acara dibuka oleh MC dilanjutkan prosesi pembukaan RAKERNAS. Manajer Area Yogyakarta Eric Rossi Priyo Nugroho, Selaku tuan rumah memberikan sambutan selamat datang kepada seluruh peserta RAKERNAS. Acara dilanjutkan dengan pemutaran video kegiatan yang sudah dilaksanakan pada tahun 2017 lalu yang terangkum dalam Kaleidoskop LASKAR PLN 2017.

Tonny Ferdinanto selaku Ketua Umum LASKAR PLN dalam sambutannya menyampaikan bahwa Organisasi LASKAR PLN ini terus berkembang dimana tahun lalu saat usia LASKAR PLN baru 1 Tahun ada 1200an anggota dan pada HUT ke-2 ini meningkat menjadi 2200an anggota, sehingga menjadi tanggung jawab semua komponen untuk memajukkan organisasi ini.

Sambutan RAKERNAS LASKAR PLN oleh Ketua Umum LASKAR PLN Tonny Ferdinanto

Sambutan Ketua Umum LASKAR PLN Tonny Ferdinanto

Selain itu LASKAR PLN  diharapkan dapat lebih banyak membantu Manajemen, sebagai mitra manajemen dengan memberikan bantuan dan kritik yang membangun untuk meningkatkan kinerja dan kesejahteraan pegawai yang lebih baik.

Kinerja organisasi dan keuangan masing-masing DPC, DPD, dan DPP dievaluasi pada kesempatan kali ini, dengan memberikan rangking kinerja yang terendah hingga tertinggi, dan memberikan piagam penghargaan untuk kinerja terbaik.

Peraih Kinerja Terbaik LASKAR PLN Tahun 2017

Peraih Kinerja Terbaik LASKAR PLN Tahun 2017

Selamat kepada DPC Area Purwokerto, DPC APP Purwokerto, DPD Trans-JBTB, dan Departemen TIK DPP yang mendapakan rangking kinerja terbaik tahun 2017. Penilaian kinerja organisasi ini akan dilaksanakan setiap tahun untuk memantau realisasi program-program yang direncanakan untuk kemajuan organisasi.

KADIV HCMS Bagus Setyawan yang turut hadir pada RAKERNAS LASKAR PLN ini menyampaikan beberapa hal yaitu Manajemen sedang mencari mitra untuk berhubungan Industrial (HI), salah satunya dengan serikat. Diharapkan segera ada serikat yang memiliki legal standing yang baik, benar, sah dan threshold 10% yang terpenuhi dengan dilakukan verifikasi terkait legalitas dan jumlah anggota. Manajemen berharap dapat mendapatkan mitra yang aspiratif, memiliki mekanisme komunikasi organisasi yang baik, dan PLN Minded yang bertujuan membela sustainability PLN.

Sambutan oleh KADIV HCMS Bagus Setyawan

Lebih jauh beliau menjelaskan tentang perbedaan generasi di PLN. Terdapat empat generasi yang bekerja dalam waktu sama yakni : Baby Boomer, Generasi X, Generasi Y dan Generasi Z dimana masing-masing generasi memiliki karakteristik watak yang berbeda dan berpotensi terjadi perselisihan. Hal ini perlu menjadi pertimbangan setiap organisasi dan perusahaan, karena generasi mempengaruhi perilaku organisasi. Pesan yang ditekankan manajemen yaitu di PLN harus bisa berjalan dengan empat generasi yang berbeda, dimana manajemen berusaha menjembatani perilaku generasi yang berbeda supaya dapat berjalan harmonis. Perbedaan generasi ini juga diharapkan dapat menjadi pertimbangan LASKAR PLN dalam memilih pengurus nya agar dapat memberikan kinerja yang terbaik.

Foto Bersama Perserta RAKERNAS LASKAR PLN dengan KADIV HCMS Bagus Setyawan

Kemudian beliau menyoroti tentang PLN di masa depan. Saat ini PLN masuk era baru yang sudah menjadi BUMN terbesar di Indonesia, dimana memiliki aset riil dengan nilai terbesar bahkan akan lebih besar lagi setelah 35.000 MW masuk. PLN masih menjadi satu-satunya operator listrik di seluruh wilayah Indonesia. Ketika ada isu penggabungan BUMN, PLN tidak diisukan untuk digabung, tetapi jika nantinya PLN tetap digabung, maka harus ada yang disiapkan. Diperlukan transition system, PLN Holding dan anak perusahaan menjadi satu kesatuan untuk menghadapi tantangan kedepan. Harapan kedepan LASKAR PLN bisa bergung untuk menjaga PLN agar sustainability PLN tetap terjaga.

Penjelasan Focus Descussion Group (FGD) Peserta RAKERNAS LASKAR PLN

Agenda RAKERNAS dilanjutkan dengan Focus Discussion Group (FGD) dari semua peserta RAKERNAS untuk membahas berbagai macam isu yang beredar di lingkungan PLN, dimana masing-masing grup diminta untuk memberikan rekomendasi dari isu yang dibahas.

Pada RAKERNAS kali ini LASKAR PLN mengundang seorang Motivator sekaligus pengusaha di Yogyakarta yang sudah banyak membantu dan menginspirasi banyak orang untuk saling membantu sesama. Saptuari Sugiharta, pengusaha asal Jogja yang menginisiasi gerakan Sedekah Rombongan (SR) untuk membantu masyarakat kurang mampu yang membutuhkan bantuan. Dalam kesempatan ini beliau menyampaikan materi tentang penting nya berbagi kepada sesama dan mengajak untuk menjadi manusia yang dapat memberi manfaat bagi sesama.

Pemberian kenang-kenangan kepada Pembicara Saptuari Sugiharta

Acara terakhir RAKERNAS LASKAR PLN tahun 2018 ini yaitu Sharing Session dari GM Puslitbang E. Hariyadi mengenai tantangan PLN ke depan yang semakin besar. PLN membutuhkan hubungan Industrial yang baik antara manajemen dan serikat, dimana serikat hendaknya menjadi partner manajemen bersinergi bukannya saling berhadapan. Kedepannya PLN akan masuk ke era dimana inovasi bisa membunuh sustainable usaha PLN, seperti muncul nya PV (Photo-voltaic) Rooftop PLTS yang nantinya dapat merubah skema bisnis eksisting menjadi bisnis baru dimana ada perusahaan yang bisa langsung menjual listrik ke pelangan tanpa melalui PLN.

Selain itu, Pemerintah sudah membuat peraturan tentang Power Wheeling, yang merupakan ijin untuk penggunaan jaringan listirk PLN oleh Independent Power Producer (IPP) atau open access dengan mekanisme sewa jaringan listrik PLN, tanpa menjual dulu ke PLN sehingga dapat mengurangi potensi pendapatan PLN. Harga listrik yang tak kunjung naik, terutama kini memasuki tahun politik, sehingga diperlukan banyak efisiensi untuk menekan BPP. Dengan berbagai macam tantangan PLN kedepan harapannya Serikat bisa membentengi perusahaan dengan regulasi yang dapat mengamankan posisi perusahaan.

E. Hariyadi GM Puslitbang

RAKERNAS diakhiri dengan foto bersama seluruh peserta bersama GM PLN Puslitbang E. Hariyadi.

Foto bersama peserta RAKERNAS LASKAR PLN dengan GM Puslitbang E. Hariyadi

Gallery Foto RAKERNAS LASKAR PLN

Tags:
LASKAR PLN

Serikat Pekerja Laskar PLN (Lembaga ASpirasi KARyawan PLN) adalah DNA baru Serikat Pekrja PLN yang modern, mandiri, dan berintegritas dengan motto Semangat Baru Tingkatkan Kesejahteraan.

  • 1

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Solve : *
10 × 30 =