BeritaOrganisasi & Kaderisasi

Perundingan PKB di PLN Harus Segera Digelar

Jadwal perundingan Perjanjian Kerja Bersama (PKB) diminta agar segera ditindaklanjuti secepatanya agar persoalan yang terjadi di tubuh perusahaan plat merah itu bisa segera menemui titik terang.

Perundingan PKB di PT PLN (Persero) juga perlu memprioritaskan Serikat Pekerja LASKAR PLN sebagai salah satu bagian dari elemen yang terlibat untuk menuntaskan persoalan.

“Dalam upaya menciptakan hubungan industrial yang harmonis, dinamis, dan berkeadilan di PT PLN (Persero) hendaknya para pihak yakni manajemen PT. PLN, SP PT. PLN dan SP LASKAR PLN tetap melanjutkan proses perundingan PKB,” demikian disampaikan Direktur Kelembagaan dan Pencegahan Perselisihan Hubungan Industrial PT PLN (persero), Heru Widianto SE, MM mengutip dari surat resmi pemerintah melalui Kementrian Tenaga Kerja.

Perundingan PKB di PLN Harus Segera Digelar

Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia menegaskan ihwal dipercepatnya perundingan PKB tersebut melalui surat No. 04/2488/HI.03.00/XI/2021 tanggal 29 November 2021 perihal Tindak Lanjut Pencatatan Perselisihan, memberikan statement finalnya terkait perundingan PKB Baru yang menjadi kepentingan seluruh pekerja PLN se Indonesia.

“Statement tersebut secara terang benderang menegaskan bahwa tidak ada lagi alasan untuk menunda perundingan proses PKB baru dengan alasan apapun,” kata Heru.

Sebagaimana diketahui, proses perundingan PKB antra pekerja dengan perseoran sudah cukup memakan waktu yang sangat lama.

Para pekerja atau pegawai di perusahaan yang menjadi tumpuan utama masalah kelistrikan nasional tersebut sudah sangat lama menunggu terealisasinya PKB Baru.

Apa yang diinginkan oleh pegawai yaitu PKB yang berkeadilan, PKB yang up to date, PKB yang menyesuaikan kondisi terkini kesejahteraan pegawainya.

PKB yang memerhatikan nasib para pegawai HCMS 46, PKB yang memerhatikan mekanisme rekrutmen yang berkeadilan.

Selain itu, pegawai juga menginginkan PKB yang pro dengan kesejahteraan para purna karya PLN, PKB yang memperhatikan kesinambungan nasib seluruh pegawai PLN dari Sabang sampai Merauke.

Berkait dengan rencana perundingan PKB itu sejatinya sudah dimulai dengan adanya koordinasi, komunikasi, dan upaya untuk menentukan langkah-langkah terbaik menuju perundingan terus dilaksanakan paska tebitnya surat dari kementerian Tenaga Kerja pada tanggal 29 November 2021.

Perundingan PKB di PLN Harus Segera Digelar

“Kami, LASKAR PLN mengajak semua pegawai PLN, baik yang sudah masuk menjadi anggota serikat maupun tidak, untuk sama-sama berdiskusi secara terbuka dalam agenda Bedah Draft Baru PKB Pegawai PLN.

Mari kita berdiskusi secara terbuka dan konstruktif untuk masa depan kita Bersama. Masa depan Pegawai PLN seluruh Indonesia dan tentunya pegawai purna tugas diharapkan kehadirannya agar apa yang dirasakan saat ini dapat dipahami,” kata Rachmawati selaku Sekretari Jenderal.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Solve : *
19 + 26 =


Back to top button