BeritaOrganisasi & Kaderisasi

Syukuran HUT LASKAR PLN ke-2

LASKAR PLN didirikan pada 20 Januari 2016 dengan semangat melahirkan DNA Organisasi serikat baru yang lebih Modern, Mandiri dan Berintegritas. Dua tahun sudah LASKAR PLN membangun organisasi dan berjuang menyampaikan aspirasi anggota serta membantu manajemen dalam meningkatkan kinerja perusahaan. Banyak hal yang sudah berhasil LASKAR PLN capai dalam 2 tahun perjuangan di dunia perserikatan yang manfaatnya sudah dirasakan oleh para anggotanya. Pada ulang tahun yang ke-2 ini, LASKAR PLN menyelenggarakan acara perayaan HUT ke-2 LASKAR PLN dengan serangkaian acara yang meliputi Bakti Sosial LASKAR PLN Peduli Minat Baca dengan donasi Buku dan membantu pemasangan listrik di Jembatan Edukasi Siluk, Rapat Kerja Nasional (RAKERNAS) untuk review dan evaluasi kinerja organisasi 1 tahun terakhir, dan Syukuran HUT LASKAR PLN ke-2.

Acara Syukuran HUT LASKAR PLN ke-2 dilaksanakan pada Selasa, 23 Januari 2018 bertempat di Ruang Rapat PLN Area Yogyakarta dengan tema acara Menuju Kemandirian Organisasi untuk PLN dan Kesejahteraan Anggota. Turut hadir dalam acara syukuran ini Manajer PLN Area Yogyakarta, Manajer PLN APP Salatiga, GM Distribusi Jawa Tengah, GM Puslitbang, MKSA UIP JBT, MKSA TJBT, DISNAKER TRANS Kab. Bantul, Serikat Pegawai PLN, Serikat Karyawan Petrokimia Semen Gresik, Direksi PLN yang diwakili Direktur HCM Mohammad Ali, dan perwakilan DPC, DPD, dan DPP LASKAR PLN dari seluruh Indonesia.

Jajaran Manajemen yang hadir pada HUT LASKAR PLN ke 2
Jajaran Manajemen yang hadir pada HUT LASKAR PLN ke 2

Tonny Ferdinanto selaku Ketua Umum LASKAR PLN dalam sambutannya menyampaikan LASKAR PLN dengan legalitas yang dimiliki yang tercatat di DISNAKER dan juga di PLN Pusat selama dua tahun ini sudah bekiprah membangun Hubungan Industrial yang harmonis dengan manajemen PLN. Dengan dedikasi yang tinggi menyeimbangkan kesibukan kedinasan dengan tugas organisasi, LASKAR PLN telah memberikan kontribusi untuk kemajuan organisasi LASKAR PLN itu sendiri dengan melahirkan produk berupa sistem dan aplikasi yang mempermudah jalannya roda organisasi.

Sambutan Ketua Umum LASKAR PLN Tonny Ferdinanto pada HUT LASKARPLN ke 2
Ketua Umum LASKAR PLN Tonny Ferdinanto

Aplikasi keuangan berbasis web dan android mempermudah pelaporan dan pemantauan keuangan organisasi yang transparan dan akuntabel. Aplikasi e-vote yang mempermudah anggota LASKAR PLN untuk memilih pemipin kapanpun dan dimanapun dengan sistem pemilihan langsung one man one vote. Aplikasi LASKAR Mobile dan Travelaskar yang mempermudah anggota dalam penyaluran aspirasi dan mempermudah perjalanan dinas yang akan di-launching pada acara HUT ini.

Sambutan Ketua Umum LASKAR PLN Tonny Ferdinanto

Lebih lanjut beliau berharap LASKAR PLN kedepannya dapat menjadi mitra sinergis dengan manajemen, baik di tingkat pusat, unit, maupun pelaksana sehingga tuntutan atau aspirasi anggota dapat disalurkan dengan baik. Beliau juga berharap 3 hal tuntutan/aspirasi pegawai dapat dipenuhi. Pertama, Direksi agar bisa segera melakukan ratifikasi putusan MK terkait pernikahan pegawai. Kedua, di PLN tidak ada pegawai yang pensiun 46 tahun. Ketiga, untuk pendapatan pensiunan agar dapat ditingkatkan. LASKAR PLN berharap manajemen dapat membantu mewujudkan aspirasi-aspirasi yang disampaikan para pegawai tersebut. Terakhir beliau menyampaikan, serikat Kekinian (masa kini) adalah serikat yang memberikan Solusi, bukan sebentar-sebentar demonstrasi. Gemuruh Yel-yel dan riuh teput tangan peserta mengakhiri sambutan Ketua Umum LASKAR PLN.

Direktur Human Capital Management (DIR HCM) Mohammad Ali yang dalam kesempatan ini hadir mewakili Direktur Utama Sofyan Basir memberikan sambutannya. Beliau menyampaikan bahwa kondisi bisnis PLN berubah yang awalnya fokus untuk memproduksi listrik dengan proyek 35.000 MW, kini dengan pertumbuhan yang beban yang berubah yakni cenderung menurun sehingga surplus listrik, bisnis PLN berubah menjadi bagaimana PLN dapat menciptakan permintaan (create demand) listrik. Tarif listrik belum naik sejak tahun 2015, sementara BPP terus naik, dan tuntutan kesejahteraan pegawai terus bertambah, sehingga perusahaan harus menciptakan keuntungan untuk meng-cover hal tersebut. Untuk itu, manajemen akan menambah dua SPVP, yaitu struktur organisasi di atas KADIV dan di bawah Direksi yang fokus pada pemasaran (marketing) dan manajemen aset karena kedepan PLN tidak hanya menjual listrik tapi juga menjual solusi. Kedapan PLN sudah harus menjual produk bundling (Telekomunikasi, Operational & Maintenance) untuk mengantisipasi pelanggan besar yang membuat pembangkit sendiri, maka disinilah PLN memerlukan orang-orang marketing.

Sambutan DIR HCM PLN Mohammad Ali
Sambutan DIR HCM PLN Mohammad Ali

Kelemahan PLN sesuai dengan hasil assesment yang sudah dilakukan ada pada inovasi, fokus pada pelanggan, dan leadership. Walaupun tiap tahun PLN menyelenggarakan pekan inovasi, tetapi hasil dan implementasi inovasi nya belum berjalan dengan baik bahkan tidak digunakan. Fokus pada pelanggan yaitu PLN diharapkan tidak hanya berkecimpung di bisnis produksi listrik, tetapi berkembang ke bisnis lain yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan, yang mana hal ini tidaklah mudah. Untuk itu diperlukan leadership yang lebih baik dalam menggapai hal tersebut.

Terkait dengan peningkatan kesejahteraan pensiunan, dana pensiun kedepanya diharapkan dapat terus naik. Untuk itu dana pensiun perlu diberikan peran dalam pekerjaan di PLN, dimana pekerjaan tersebut diserahkan ke dana pensiun dan dikerjakan secara professional, sehingga perputaran uang nya tidak keluar dan menambah keuntungan pada dana pensiun. Hingga saat ini tidak ada aturan yang melarang hal tersebut, sehingga sangat mungkin untuk diimplementasikan namun syaratnya harus dilaksanakan dengan professional.

Terkait dengan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) nomor 13/PUU-XV/2017 tentang pernikahan pegawai sudah diputuskan, sudah berlaku dan tidak dapat diganggu gugat. Sehingga harus dilaksanakan dan harus dipatuhi oleh segenap perusahaan terkait, jika tidak berarti melanggar aturan dan hukum yang berlaku. Tetapi hal ini juga harus memperhatikan Good Corporate Governance (GCG), jangan sampai membawa masalah rumah tangga ke dalam kedinasan. Jadi pada intinya manajemen akan melaksanakan dan mematuhi putusan MK yang berlaku tersebut.

Berikut ini cuplikan video pernyataan DIR HCM Mohammad Ali tentang putusan MK tentang pernikahan pegawai.

Usai memberikan sambutannya, DIR HCM Mohammad Ali melakukan pemotongan tumpeng yang diberikan kepada Ketua Umum LASKAR PLN Tonny Ferdinanto sebagai wujud syukur atas Ulang Tahun yang ke-2 LASKAR PLN.

Pemotongan Tumpeng Syukuran HUT LASKAR PLN ke 2

Launching Aplikasi Travelaskar ditandai dengan pemutaran video tentang fasilitas organisasi terkait perjalan dinas Travelaskar. Apa itu Travelaskar? Silakan kunjungi halaman tentang Travelaskar disini.

Berikut ini Video tentang Travelaskar :

Foto Bersama DIR HCM Moh. Ali dan Peserta HUT ke-2 LASKAR PLN
Foto Bersama DIR HCM Moh. Ali dan Peserta HUT ke-2 LASKAR PLN

Acara Syukuran HUT LASKAR PLN ke-2 ini diakhiri dengan presentasi hasil Focus Group Discussion (FGD) yang sudah dilaksanakan pada acara RAKERNAS pada hari sebelumnya.

Presentasi rekomendasi hasil FGD
Presentasi rekomendasi hasil FGD

Gallery Foto HUT ke-2 LASKAR PLN

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Solve : *
9 + 23 =


Close