LOADING

Type to search

Berita Organisasi & Kaderisasi

Audiensi Serikat Pekerja Laskar PLN dan Dirut PLN

LASKAR PLN May 16, 2016
Share

Jakarta, 12 Mei 2016, Sore itu tepat pukul 15.45 WIB bertempat di Ruang Rapat Direktur Utama PT PLN (Persero) Lt. 9 Gedung Utama sesuai dengan agenda LASKAR PLN, jajaran pengurus DPP saat itu diwakili oleh Sdr. Bimbi Islakhudin (Wasekjend), Sdr. Adi Mulyadi (Ka. Dept. Antar Lembanga), Sdr. Toni Kusworo (Anggota Dept. Probis), Sdr. Marihot (Anggota Dept. Hukum), dan Sdr. Ahmad Harits (Anggota Dept. Organisasi dan Kaderisasi), serta beberapa KDPC LASKAR PLN antara lain Sdr. Zulfikar Hidayat (KDPC APP Cilegon), Sdr. Hery Kristianto (KDPC APP Durikosambi) dan Sdr. Bambang Hartono (KDPC APP Probolinggo), untuk bertemu dengan Direktur Utama PT PLN (Persero) guna bersilaturahmi dan memperkenalkan diri sebagai bukti eksistensi adanya LASKAR PLN di lingkungan PT PLN (Persero).

Serikat Pekerja PLN

Audiensi Laskar PLN dengan Dirut PLN

Disambut oleh jajaran staff Hubungan Industrial PT PLN (Persero), disana ternyata sudah nampak jajaran pengurus DPP Serikat Pegawai Perusahaan Listrik Negara sedang menunggu di R. Lounge Lt. 9 sedang menunggu kedatangan Direktur Utama PT PLN (Persero), memasuki R. Rapat Direktur Utama PT PLN (Persero) Lt. 9, sambil menunggu kedatangan Bpk. Direktur Utama kami (LASKAR PLN dan Serikat Pegawai PLN) saling bertukar pikiran dan sharing membahas langkah serikat dan perusahaan menghadapi tantangan berat ke depan yang sudah siap menyambut di depan mata.

Tak lama kemudian masuk ke dalam ruang rapat Bpk. Sofyan Basir ditemani oleh Bpk. M. Ali (Direktur HCM PT PLN Persero) untuk menemui kami jajaran pengurus DPP LASKAR PLN dan Serikat Pegawai PLN, sangat nampak wajah yang hangat dengan senyuman khas beliau sambil berjalan menyalami kami satu per satu, suasana hangat dan persaudaraan antara kami dan beliau disana sangat terasa, tidak ada dalam benak kami untuk menjadikan kondisi dalam ruangan tersebut tidak kondusif dan saling mengkronvontasi, sama sekali tidak ada.

Dibuka oleh Bpk. Direktur Utama PT PLN (Persero), diskusi pun dilanjutkan oleh beliau untuk memberikan pesan-pesannya kepada kami. Diantara yang paling mendasar adalah bahwa perusahaan ini adalah milik kami dan anak istri kami, oleh karenanya kita harus menjaga eksistensi dan kejayaan perusahaan ini karena kami-lah yang akan menikmati jika perusahaan ini menjadi raksasa BUMN dan mengalami masa kejayaan, Direksi bukanlah karyawan, Direksi hanya menjalankan tugas yang hanya datang dan pergi. Oleh karena itu, beliau berpesan untuk mari sama-sama kita jaga dan senantiasa tingkatkan kinerja perusahaan ini, kita lakukan yang terbaik kepada institusi ini dengan tangan kita, dengan niat beribadah kepada Allah SWT tentunya. Jangan hancurkan perusahaan ini untuk kepentingan pribadi yang sifat rezeki itu hanyalah sementara.

Multi Union Labour bagi beliau merupakan hal baru dan pengalaman pertama selama menjadi Direksi di instansi yang pernah beliau pimpin, sangat menarik bagi beliau untuk sama-sama belajar. It’s oke no problem karena hal tersebut sudah diatur dalam undang-undang. Berserikat tidak hanya dengan selalu menuntut, namun juga perlu disajikan kajian dan data yang komprehensif terkait tuntutan tersebut, jangan pernah ada kesan memaksa kepada Direksi terkait tuntunan yang kita minta, namun di sisi lain bantu kami (Direksi) juga untuk berfikir menemukan jalan keluar karena kami (Direksi) dalam posisi terjepit dan hanya melaksanakan perintah dan kebijakan dari Negara.

Cara berdiplomasi seperti ini dengan saling mendengarkan dan menjelaskan lebih dinilai santun dan elegan dan lebih efektif daripada harus melakukan aksi turun ke jalan mengerahkan “People Power” untuk menyampaikan tuntutan yang kita inginkan. Direksi tidak sangat tidak suka dengan hal-hal yang bersifat keributan. Jika ada permasalahan segera mungkin diceritakan kepada kami (Direksi) dengan cara diplomasi seperti ini. Beliau sangat berharap audiensi semacam ini dapat dilakukan secara rutin 2 atau 3 bulan sekali, tidak harus formal, momen semacam makan atau ngopi bareng secara informal seperti itu juga menjadi alternatif pertemuan kita dengan beliau.

Serikat Pegawai PLN mendapatkan kesempatan pertama untuk menyampaikan aspirasinya, beliau menyampaikan rasa syukur kepada jajaran Direksi karena tidak dipungkiri yang diterima tahun kemarin itu adalah yang terbesar dalam sejarah berdirinya PLN. Hal ini merupakan sinyal awal bahwa ini merupakan awal mula PLN mengarungi masa kejayaan. Menanggapi masalah integritas dan taat kepada aturan, nilai tersebut yang selalu ditanamkan oleh perusahaan kepada kami, bahwa jika dalam sebuah perusahaan terdapat 1 (satu) serikat, maka tahapan dan mekanismenya seperti yang sudah dituangkan dalam undang-undang, begitu pula bagaimana jika kondisinya multi serikat. Semua sudah diatur di dalam undang-undang. Itulah yang diharapkan dan disampaikan oleh Serikat Pegawai dalam kesempatan ini.

Selanjutnya LASKAR PLN berkesempatan untuk menyampaikan aspirasinya, senada dengan Serikat Pegawai mengenai mekanisme perundingan PKB harus dilakukan verifikasi terlebih dahulu sebelum melanjutkan perundingan karena kondisi saat ini di perusahaan kita sudah ada multi serikat. Dan hasil dari syarat-syarat tersebut akan diketahui ketika sudah dilakukan verifikasi. Mengenai langkah ke depan untuk membangun perusahaan yang lebih baik, sinyal awal dari manajemen sudah sama-sama kita rasakan dengan apa yang kita peroleh tahun lalu. Tinggal langkah kita ke depan mengawal apa yang diusahakan oleh manajemen dalam melaksanakan proses produksi selama ini. Sesuai dengan janji Direksi yang sudah disampaikan di awal diskusi ini bahwa apabila perusahaan ini untung, keuntungan tersebut akan dibagi kepada kita karyawan perusahaan ini.

Kami sampaikan pula kepada Direksi adanya Serikat Pekerja LASKAR PLN ini adalah untuk membangun sebuah entitas yang lebih baik dari yang sudah ada sebelumnya, menjadi sebuah role model organisasi sesuai visi kita, kita berharap ke depannya akan ada persaingan yang sehat dan memberikan benefit untuk anggota dan menjadikan pertimbangan bagi anggota untuk memilih serikat yang menjadi pilihannya. Sehinggga anggota menjadi lebih fleksibel dan lebih opsional serta akan lebih faham dalam pengetahuan mengenai organisasi yang ada di perusahaan ini. Itulah yang diharapkan dan disampaikan oleh LASKAR PLN dalam kesempatan ini.

Selanjutnya tak lupa kami tutup dengan memperkenalkan diri satu persatu yang sudah hadir hari ini kepada Bpk. Direktur Utama baik dari pihak LASKAR PLN dan juga Serikat Pegawai PLN. Kembali tanggapan dari Bpk. Direktur Utama mengenai harapan kami diatas, beliau menyampaikan bahwa insan di PLN merupakan karyawan yang berintelektual, dan beliau menegaskan bahwa bukan level sebagai karyawan yang berintelektual itu BERTERIAK, karena kita bukan buruh, kita adalah karyawan PLN dan kita adalah kaum intelektual. Beliau tidak suka dengan pihak yang menyuarakan aspirasinya dengan cara berteriak. Kembali lagi beliau menyampaikan bahwa saat ini kita (Serikat) harus bijak, tapi jangan sedikit-sedikit mengeluarkan kebijaksanaan. Kiranya perlu kita fahami filosofi yang disampaikan oleh beliau tersebut.

Dan pada akhirnya diskusi ini ditutup dengan ucapan salam dari beliau serta ucapan terima kasih kepada kita semua atas kesempatan kita dapat berkumpul pada kesempatan kali ini. Kembali beliau menyampaikan pertemuan kali ini wajib rutin dilakukan karena sifatnya sangat membangun untuk keberlangsungan dan masa depan perusahaan yang kita cintai ini. Acara pun ditutup dengan sesi foto bareng antara LASKAR PLN, Serikat Pegawai PLN, bersama dengan Bpk. M. Ali selaku Direktur HCM PT PLN (Persero) dan Bpk. Sofyan Basir selaku Direktur Utama PT PLN (Persero) serta jajaran staff hubungan industrial PT PLN (Persero). Dapat dilihat dalam foto tersebut waja-wajah yang sangat fresh dan ungkapan kehangatan baik dari kami para serikat maupun para manajemen PT PLN (Persero), dan ini menandakan adanya sebuah hubungan industrial yang harmonis sudah berhasil kita jalin antara para serikat dengan manajemen khususnya Direktur Utama PT PLN (Persero) sebagai decission maker tertinggi di perusahaan ini. Semoga pertemuan kami kali ini dapat membawa perusahaan ini ke arah yang lebih baik lagi, tentunya dengan kerja keras yang dilakukan dengan mensinergikan serikat-serikat dengan manajemen di perusahaan ini. Aamiin . .

Tags:
LASKAR PLN

Serikat Pekerja Laskar PLN (Lembaga ASpirasi KARyawan PLN) adalah DNA baru Serikat Pekrja PLN yang modern, mandiri, dan berintegritas dengan motto Semangat Baru Tingkatkan Kesejahteraan.

  • 1

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Solve : *
16 ⁄ 8 =